Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana kita kini hidup. Orang menggunakan komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap positif.
Sebuah survei yang dilakukan oleh Office of Technology Assessment (1995) menemukan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan komputer. Banyak guru tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan komputer, dan banyak sekolah tidak menyediakan workshop atau pelatihan yang dibutuhkan. Dan dengan perkembangan teknologi yang pesat, komputer yang dibeli sekolah menjadi cepat ketinggalan zaman. Bahkan ada yang rusak dan perlu diperbaiki. Kenyataan ini berarti bahwa pembelajaran di sekolah belum direvolusionerkan secara teknologislah, maka revolusi teknologi benar-benar mengubah sekolah-sekolah.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem Internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. Dalam internet mengandung informasi yang lebih baru ketimbang buku teks.
World Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi Internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Web memberi struktur yang dibutuhkan Internet. Perpustakaan, museum, universitas, perusahaan, organisasi, dan individu menampilkan informasi di Web, semuanya dapat diakses oleh murid dengan meng-klik kata atau gambar yang ada di layar komputer.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di Internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi. Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid grade empat, delapan, dan dua belas yang punya komputer Internet di rumah memperoloh nilai sains yang lebih tinggi dibanding murid yang tidak menggunakan Internet di rumah.
E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.
Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Misalnya, apakah penggunaan teknologi di sekolah, terutama komputer, akan memperlebar jurang perbedaan antara murid kaya dan miskin, atau pria dan wanita ? Juga ada problem kesenjangan antarkelompok etnis.
Berikut ini ada beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer:
- Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
- Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dan semua latar belakang gender, etnis, dan kultural.
- Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
- Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer dirumah.
Standar untuk Murid yang "Melek Teknologi"
Internasional Society for Technology in Education bekerja sama dengan US Department of Education, telah mengembangkan standar untuk murid guna mencapai level grade yang berbeda. Berikut ini adalah ringkasan dari standar untuk grade pra-taman kanak-kanak sampai grade 2, 3 smpai 5, grade 6 sampai 8, dan grade 9 sampai 12.
Pra-taman kanak-kanak Sampai Grade Dua
- Gunakan alat input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat output (seperti monitor dan printer) untuk mengoperasikan komputer.
- Gunakan variasi media dan teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yang independen.
- Gunakan sumber daya multimedia yang pas, seperti buku interaktif, sotfware pendidikan, dan ensiklopedia multimedia dasar, untuk mendukung pembelajaran.
- Kerja sama dengan teman, anggota keluarga, dan orang lain saat menggunakan teknologi.
- Gunakan sumber daya teknologi (seperti teka teki, program berpikir logis, alat menulis, dan kamera digital) untuk pembelajaran.
- Tunjukkan perilaku etnis dan sosial yang positif saat menggunakan teknologi.
Grade 6 sampai 8
- Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari.
- Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap lapangan kerja dan masyarakat.
- Gunakan alat spesifik, software, dan simulasi (seperti peralatan lingkungan, kalkulator, dan lingkungan percobaan) untuk mendukung pembelajaran dan riset.
- Desain, kembangkan, publikasi, dan paparkan produk (seperti halaman web dan rekaman video).
- Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.
Grade 9 sampai 12
- Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer dan nilailah potensi sistem dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjaan.
- Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal dan profesional (seperti keuangan, jadwal, alamat, pembelian, dan korespondensi).
- Gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasi, komunikasi, dan produktivitas.
- Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.
Masa Depan: Komputer di Mana-mana
Beberapa pakar komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya, generasi ketiga, akan berupa ubiquitous computing yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, ketimbang personal. Singkatnya ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC.
Ubiquitous adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual menempatkan orang di dalam dunia yang diciptakan kompuet, ubiquitous computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia. Perangkan baru ini dapat disediakan kepada lebih banyak murid ketimbang dekstop. perangkat baru ini, di pasangkan dengan jaringan murah, dapat memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal ke lapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas dan bisa di bawa pulang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar